by

STAI Cirebon Raih Peringkat Terbaik I Se-Jawa Barat dan Banten

Bandung – Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon akhirnya berhasil memperoleh peringkat terbaik ke-1 se-Jawa Barat dan Banten pada tahun 2019.

Hasil peringkat tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten nomor 1246/Kop.II/B.2/XI/2019 tanggal 18 November tahun 2019.

Prestasi tersebut sangat membanggakan dan bisa dibilang sangat bersejarah, bagi STAI Cirebon khususnya dan umumnya bagi masyarakat akademis di Cirebon, sebab prestasi tersebut belum pernah diraih oleh Perguruan Tinggi Swasta mana pun di Wilayah III Cirebon.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ahmad Dahlan, ketua STAI Cirebon usai menerima piagam penghargaan tersebut di Bandung (20/11/2020).

“Bagi pihak internal kampus, ini prestasi yang sangat bersejarah. Secara berturut-turut, mulai tahun 2016 STAI Cirebon telah meraih peringkat terbaik ke-3 dan pada tahun 2017 peringkat terbaik ke-2. Selanjutnya, pada tahun 2018 peringkat kami sempat turun, yaitu terbaik ke-4. Akan tetapi, alhamdulillah, kali ini pada tahun 2019, STAI Cirebon telah berhasil meraih peringkat ke-1 se-Jawa Barat dan Banten dalam klaster Sekolah Tinggi Agama Islam,” ujar Ahmad Dahlan.

Dikatakan, prestasi tersebut belum pernah diraih oleh Perguruan Tinggi mana pun di Wilayah III Cirebon, baik klaster Universitas, klaster Institut, maupun klaster Sekolah Tinggi.

“Hal ini, berarti sejak adanya Perguruan Tinggi di Wilayah III Cirebon, 35 tahun yang lalu,  baru kali ada satu kampus yang berhasil torehkan prestasi nomor wahid Se-Jawa Barat dan Banten bagi perguruan tinggi yang ada Wilayah III Cirebon, yaitu terepresentasi oleh STAI cirebon di bawah naungan Yayasan Islamic Centre Kabupaten Cirebon,” terang Ahmad Dahlan.

Tidak berlebihan bilamana STAI Cirebon pada akhirnya pada telah berhasil melakukan transformasi menjadi Institut Agama Islam Cirebon (IAIC) berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Republik Indonesia Nomor 317 Tahun 2020.

News Feed