by

Profil Unit Penjamin Mutu Akademik (UPMA)

Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) merupakan bagian penting dari gerakan peningkatan dan penjaminan mutu perguruan tinggi secara keseluruhan dalam lingkup STAI Cirebon. Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) adalah unsur pelaksana dalam bidang pengembangan standar mutu, audit, dan pengendalian mutu akademik pada tingkat institusi. Dengan visi, misi, dan lingkup kerjanya, Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) mempunyai tugas mengkoordinasikan, mengendalikan, mengaudit, memantau, menilai dan mengembangkan mutu penyelenggaraan kegiatan akademik.

Unit Penjaminan Mutu Akademik (UPMA) secara organisatoris dinakodai oleh seorang ketua, sekretaris, dua orang kepala pusat, dan seorang kepala sub bagian tata usaha. UPMA dalam melaksanakan tugasnya menyelenggarakan fungsi:

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana, evaluasi program dan anggaran serta pelaporan.
  2. Pelaksanaan pengembangan mutu akademik.
  3. Pelaksanaan audit, pemantauan, dan penilaian mutu akademik; dan
  4. Pelaksanaan administrasi UPMA.

LANDASAN HUKUM

  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 63 tahun 2009 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 7 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Penjaminan Mutu Akademik Pendidikan
  • Undang-Undang No. 20 tahun 2003 menyebutkan bahwa pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu dan evaluasi yang transparan.
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan;
  • No. 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 91 menyatakan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan.

News Feed