by

Mahasiswa STAIC Raih Juara I Lomba Menghafal Al-Qur’an Tingkat Asean

Mahasiswa STAIC Raih Juara I Lomba Menghafal Al-Qur’an Tingkat Asean

Staic.ac.id – Sebuah kabar gembira terdengar dari Jakarta, Himmah Aliyah, mahasiswi semester III Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon (STAIC) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Ia berhasil meraih juara I pada Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ) atau lomba menghafal Al-Qur’an tingkat ASEAN pada kategori 20 juz yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Darun Najah Ulujami Pesanggrahan Jakarta Selatan.

Sebagaimana dilansir oleh Darunnajah.com, kegiatan yang digelar bekerja sama dengan lembaga pendidikan al-Qur’an, Doha, Qatar tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan, digelar sejak tahun 2015, dan ini merupakan lomba hafalan al-Qur’an yang ke-4 kalinya. Pada tahun ini dilaksanakan selama tiga hari, yaitu Jumat-Ahad, 9-11 November 2018/ 1-4 Rabi’ul Awwal 1440 H, sekaligus memperingati hari Pahlawan, 10 November.

Adapun tujuan digelarnya MHQ yaitu untuk melahirkan para penghafal al-Qur’an (hamalatul Quran), menumbuhkan dan memacu semangat menghafal dan mempelajari al-Qur’an, memeratakan kegiatan tahfizhul Qur’an di seluruh wilayah Indonesia, menyemarakkan dakwah Islamiyah melalui lomba Hifzhul Qur’an, menjalin ikatan ukhuwah Islamiyah antar pesantren di Indonesia dan antar negara-negara ASEAN, serta untuk mencerdaskan kader bangsa. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Panitia Dr. Sofwan Manaf, M.Si seperti dikutip dari Hidayatullah.com.

“Salah satu tujuan diadakannya MHQ ini adalah untuk menjalin ukhuwwah antara pengkaji al-Qur’an. Targetnya bukan hanya pengkaji al-Qur’an di Indonesia saja, melainkan negara-negara ASEAN. Juga untuk memberikan motivasi kepada santri untuk terus menghafal al-Qur’an”, ungkap Ustadz Sofwan Manaf di hadapan para santri dan peserta Musabaqah Hifzhil Qur’an.

Musabaqoh Hifzhul Qur’an tersebut diikuti sekitar 300 peserta putra dan putri dari berbagai pondok pesantren se-Indonesia yang telah menjadi peringkat pertama pada seleksi wilayah yang diselenggarakan di 13 Wilayah di seluruh Indonesia, pada bulan Juli dan Agustus 2018 yang lalu. Dan peserta dari negara-negara ASEAN, berjumlah 22 peserta meliputi  Negara Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja dan Myanmar.

Tentu ini sebuah surprise, kado indah dan membanggakan bagi keluarga besar civitas akademika STAIC di hari Pahlawan kali ini. Semoga prestasi yang diperoleh menjadi motivasi bagi Himmah, khususnya dan umumnya bagi para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon, untuk senantiasa istikamah, lebih maju lagi dan kembali menorehkan prestasi demi prestasi di kemudian hari. Semoga.

News Feed