by

Mahasiswa IAT STAI Cirebon Kunjungi PSQ dan Museum Bayt Al-Quran

Jakarta – Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (Hima IAT) STAI Cirebon menyelenggarakan kegiatan studi banding dan rihlah ilmiah ke Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Pusat Studi al-Qur’an (PSQ) Tangerang dan Museum Bayt al-Qur’an TMII Jakarta (17/02/2020).

“Kegiatan ini diikuti oleh pengurus Hima IAT dan beberapa perwakilan mahasiswa dari setiap lembaga kemahasiswaan di STAI Cirebon,” tutur Zafar Sidik selaku ketua panitia.

Kunjungan pertama ke kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, para mahasiswa STAI Cirebon bertemu dengan sejumlah pengurus Hima Jurusan IAT. Rombongan Hima Prodi IAT STAI Cirebon disambut oleh wakil ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Ushuludin dan ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir serta beberapa anggota lainnya. Di sana, para pengurus Hima IAT STAI Cirebon melakukan sharing dan tanya jawab mengenai mengenai sistem birokrasi dan organisasi kemahasiswaan, jalur beasiswa, jurnalistik dan lain sebagainya.

Kunjungan selanjutnya yaitu di Pusat Studi al-Qur’an (PSQ) Tangerang. Di lembaga yang diasuh oleh Prof. Dr. Quraisy Shihab ini, rombongan mengikuti kajian dan pemaparan program-program PSQ yang disampaikan oleh Direktur Pengkajian dan Kemitraan PSQ, Ustaz Romli Syarkawi. Mahasiswa STAI Cirebon yang hadir tampak sangat antusias mengikuti, terbukti mereka dengan seksama menyimak pemaparan yang disampaikan oleh narasumber.

Perjalanan ilmiah berikutnya yaitu ke Museum Bayt al-Qur’an di TMII Jakarta. Di dalam museum tersebut, sejumlah peserta dapat melihat beragam bentuk al-Qur’an berserta pengetahuan mengenai sejarah pembukuan al-Qur’an dari masa ke masa. Usai mengaji di Museum Bay Al-Quran, rombongan berkeliling di TMII, melihat sejumlah rumah adat yang ada di sana. (Himmah Aliyah)

News Feed