by

Terbaik Ke-2 di Jabar-Banten, Biaya Pendidikan di STAIC Tetap Termurah dan Bisa Dicicil

Terbaik Ke-2 di Jabar-Banten, Biaya Pendidikan di STAIC Tetap Termurah dan Bisa Dicicil

Staic.ac.id – Di tengah derasnya arus globalisasi dengan persaingan di segala bidang, Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon (STAIC) hingga kini masih menjadi pilihan calon mahasiswa, tidak hanya dari Cirebon, tapi juga wilayah III seperti Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, serta beberapa daerah di Jawa Tengah.

Hal ini tidak lepas dari banyaknya keunggulan yang dimiliki STAIC. Selain keberadaanya di kawasan perkotaan, juga karena komitmennya terhadap local wisdom. Kekayaan budaya inilah yang menjadi modal besar bagi kampus STAIC untuk menjadi basis pengembangan Islam yang rahmatan lil’alamin.

Hal itu disampaikan Pembantu Ketua (Puket) II STAIC, Hj Ijah Bahijah MA saat ditemui usai memberikan materi Kuliah Ta’aruf Mahasiswa tahun akademik 2018/2019 di gedung baru kampus.

Sejumlah kelebihan yang dimiliki kampus ini, lanjut Ijah, di antaranya adalah biaya perkuliahan yang sangat terjangkau, bahkan bisa dikatakan termurah se-Cirebon. Sebagaimana tercantum dalam brosur yang diedarkan oleh bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), SPP per semesternya hanya sebesar Rp 750 ribu dan bisa dicicil.

“Biaya kuliah di STAIC sangat ringan dan terjangkau bagi semua kalangan dan bisa dibayarkan per bulan. Hal ini ditujukan agar dapat meringankan mahasiswa,” lanjut dia.

Kelebihan lainnya, STAIC merupakan kampus Islam swasta tertua di Cirebon. Fakta ini disampaikan oleh Drs H Makbul Ismail, wakil ketua Yayasan Islamic Centre dalam sambutanya di hadapan peserta kuliah ta’aruf.

“STAIC merupakan kampus swasta tertua di Cirebon. Selain itu, kampus ini di bawah naungan Yayasan Islamic Centre (YIC) yang merupakan yayasan milik umat Islam Kabupaten Cirebon, bukan milik perseorangan, korporasi, atau golongan tertentu. Artinya, yayasan ini milik kita semua. Kita jaga, kembangkan, dan majukan bersama-sama. Bila ada sesuatu yang kurang benar, kita benahi, baik dari sisi fisik maupun kegiatannya,” papar Makbul panjang lebar.

Pihaknya juga mengajak mahasiswa untuk turut memakmurkan masjid dengan kegiatan-kegiatan ibadah, pengajian majelis taklim, dan kajian ilmiah.

Dikatakan, selain lembaga pendidikan formal antara lain MTs, MA, SMK, dan STAIC, YIC juga mengelola pendidikan nonformal yaitu pondok pesantren yang memiliki gedung representatif.

“Para mahasiswa bisa bergabung di Pesantren Islamic Centre dengan subsidi dari yayasan. Sehingga tanpa dipungut biaya alias gratis,” sambung dia.

Lebih dari itu, lanjut dia, STAIC merupakan kampus Islam swasta terbaik se-Jawa Barat dan Banten. Hal ini dibuktikan dengan perolehan peringkat kedua pada tahun 2017 lalu.

“Tahun 2017,  Sekolah Tinggi Agama Islam Cirebon mendapatkan peringkat 2 se-Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten, setelah sebelumnya  mendapatkan peringkat 3 pada tahun 2016. Kita doakan semoga tahun ini, STAIC berhasil meraih peringkat pertama dan berubah bentuk menjadi institut,” pungkasnya. (*)

Sumber: Cirebonplus.com, link: https://cirebonplus.com/berita/terbaik-ke-2-di-jabar-banten-biaya-pendidikan-di-staic-tetap-termurah-dan-bisa-dicicil/

News Feed