RAPAT KERJA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM CIREBON PERIODE 2014-2018

SUSUNAN ACARA

RAPAR KERJA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM CIREBON

TAHUN 2016

 

Cirebon, 24 Januari 2016

A. PEMBUKAAN

 

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  3. Pidato Iftitah Ketua STAI Cirebon
  4. Amanat & Pembukaan Raker Ketua YIC

 

 

B. RAKER STAIC

 

  1. Pra Raker

a. Materi I      :    Pertencanaan dan Efisiensi Keuangan dalam Islam

( Dr. H. Mukhlisin Muzarie, M.Ag )

b. Materi II     :    Urgendi Data Inventaris

( Drs. H. Yuniawan, M.Si )

c. Materi III    :    Prinsif-Prinsif Akuntabilitas Keuangan

( H. Rafhi Effendi Arsa, SHI )

 

c. Sosialisasi :    Demo Aplikasi Keuangan STAI Cirebon

                             ( T I M Pembuat Aplikasi STAI Cirebon) )

 

  1. Raker

a. Komisi I      :    Pembahasan Program Kerja Bidang Akademik STAI Cirebon Periode 2014-2018

b. Komisi II     :    Pembahasan Program Kerja Bidang Administrasi dan Keuangan STAI Cirebon Periode 2014-2018

c. Komisi III    :    Pembahasan Program Kerja Bidang Kemahasiswaan STAI Cirebon Periode 2014-2018

d. Pleno         :    Penetapan dan Pengesahan Hasil Pembahasan Komisi-Komisi

 

PENUTUPAN

 

 

 

MATERI RAPAT KERJA

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM CIREBON

PERIODE 2014-2018

 

 

Tanggal 24 Januari 2016

 

VISI STAIC CIREBON
Bertakwa, menjadi bagian dan dimiliki masyarakat masyarakat.
A.    Misi Dasar
1.    Melanjutkan pembenahan administrasi baik administrasi akademik, administrasi keuangan maupun administrasi SDM.

2.    Memfungsikan setiap elemen baik tingkat personal maupun tingkat elemen lembaga yang ada di lingkungan STAIC serta sedapat mungkin mengajak dan atau memanfaatkan fungsi   SDM dan lembaga yang ada di lingkungan Yayasan Islamic Center   sebagai satu kesatuan sistem kekuatan pengembangan kampus bersama masyarakat sekitar. (Contoh : Kerjasama dgn BMT IC)

 

NO PROGRAM KEGIATAN PELAKSANA
1 Penyempurnaan Sistem Akademik Membuat data base   mhs, data base alumni, data base arsip ijazah, data base nilai mhs, Membuat IPS setiap smt, membuat IPK sebelum Munaqasyah PK I, PK II, PK III . Jurusan dan Bagian Akademik

 

2 Akreditasi Institusi Pada Th.   2015 Mengisi borang dan keperluan akreditasi lainnya PK I , PK II dan PK III
3 Pembukaan 6 Prodi baru pada Th 2015 Membuat Proposal, Worskshop dll. Tim Ahli
4 Alih status menjadi Institut pada Th 2018 dan   pembukaan Program Pascasarjana PAI pada tahun 2019 a)   Membuat team work (stap ahli dan unsur pelaksana)

b)   Membuat Proposal dan syarat-syarat menjadi Institut/universitas

c)    Penyerahan Proposal alih status pada th 2015 dan proposal pembukaan pascasarjana pada tahun 2017

Tim Ahli
5 Peningkatan Nilai Akreditasi, akreditasi Prodi Baru dan izin penyelenggaraan/ perpanjangan prodi

 

 

a)    Membuat team work (Stap Ahli dan unsur pelaksana)

b)   Mengisi porm akreditasi dan menunaikan syarat syarat agar prodi lama terakreditasi A dan Prodi baru terakreditasi B (misalnya Kuantiti dan kualiti dosen tetap terutama PAI dan AAS)

c)    Rekruitmen dosen tetap linier bagi Prodi baru minimal masing-masing berjumlah 6 orang

d)   Mengusulkan jabatan akademik bagi dosen baru dan kenaikan jabatan akademik bagi dosen lama kepada kopertais

e)    membuatkan NIDN bagi dosen tetap

f)    Melaksanakan kewajiban dan atau syarat-syarat izin perpanjangan prodi PAI, AAS dan Prodi baru

 

 

 

–  Tim Ahli, Jurusan dan Prodi se

 

 

 

 

 

 

–  Petugas PD Dikti/Emis dan Tim

6 Pembuatan Sistem Keuangan a)    Membuat team work (Stap Ahli dan unsur pelaksana)

b)   Membuat Software Keuangan

c)    Membuat SOP Keuangan

d)   Memberlakukan SPP bulanan

PK II
7 Pembuatan Sistem SDM a)    Membuat porm data alumni pada saat legalisir

b)   Pengarsipan alumni di Web, di lemari arsip, di PD Dikti dan di Emis

c)    Membuat Pedoman Kepegawaian

d)   Mengangkat dosen tetap minimal enam (6) orang setiap prodi

e)    Mengangkat pegawai tetap

–  Pembantu Ketua I

–  Pembantu Ketua II

–  Pembantu Ketua II

–  Kepala TU

–  Jurusan

8 Mendorong Carakter Bulding Pegawai/ team Manajemen STAIC menjadi positif

 

 

 

a)    Mengadakan pengajian bagi dosen dan karyawan setiap bulan

b)   Membuat dan merealisasi Peraturan Kepegawaian

c)    Membuat Kode etik Dosen

d)   Membuat tata tertip pegawai

e)    Membuat Ketentuan reward dan panismen pegawai

PK II dan Ka TU
  Pro aktif dalam program dan kegiatan YIC a)    Menciptakan relasi kerja dengan warga YIC pada iven publis STAIC

b)   Turut aktif dan menjadi penggagas utama dalam program dan atau pengembangan YIC

c)    Menghadirkan Ketua YIC dan pengurus terkait dalam setiap kegiatan pembinaan di STAIC

d)   Mengadakan kegiatan yang sekiranya setiap agen yang ada di lingkungan YIC dapat dilibatkan

PK II dan Ka TU

 

 

 

B.     Misi Proses
1.    Meningkatkan mutu proses kegiatan akademik dan mutu kemampuan akademik peserta didik juga kredibilitas dan kapabilitas dosen dan karyawan serta merepresentatifkan sarana prasarana

2.    Membangun Desa Binaan berbasis kekuatan SDM alumni STAIC

3.    Melaksanakan dan mengembangkan budaya penelitian bagi civitas akademika STAIC berbasis kebutuhan masyarakat   lokal, regional maupun nasional yang harus berimplikasi kecerdasan akademis, praktis dan menjadi dasar orientasi dakwah Yayasan Islamc Center Kabupaten Cirebon

 

NO PROGRAM KEGIATAN PELAKSANA
 

1

 

Pembenahan/akuntabilitas dan atau penyusunan kurikulum Berbasis ketentuan yang berlaku

 

a.     Membuat kurikulum berbasis Visi dan Misi STAIC dan Prodi

b.    Merevew/ Mengurangi jumlah SKS (menjadi 140 sks)

c.     Membuat Silabus PAI, AAS dan Prodi-prodi baru

d.    Memastikan MK Ujian UPM setiap Prodi

e.     Memastikan MK Kuliah Anvulen setiap Prodi

f.     Memastikan MK Ujian Komprehensip setiap Prodi

g.    Memastikan Materi PPL setiap Prodi

h.    Memastikan materi Praktek Ibadah setiap Prodi

i.      Melaksanakan sistem pengendalian mutu, terutama oleh prodi sekurang-kurangnya kontrol absensi mahasiswa dan dosen serta ketaatan penyetoran SAP dosen

j.      Mengadakan kegiatan bebas buta BTQ

 

a)    Pembantu Ketua I (PK.I)

b)   Pembantu Ketua I (PK.I)

   Pembantu Ketua I (PK.I)

c)    Pembantu Ketua I (PK.I)

d)   Pembantu Ketua I (PK.I)

e)    Pembantu Ketua I (PK.I)

f)    Pembantu Ketua I (PK.I)

g)   Pembantu Ketua I (PK.I)

h)   Jurusan dan Prodi

 

 

 

i)     UPTQ

2 Pembenahan sistem kuliah a.      melaksanakan perkuliahan tidak hanya di siang hari

b.      Melaksanakan perkuliahan juga pada hari selain sebagaimana biasanya (terutama abgi Prodi-prodi baru)

a)    Jurusan dan Prodi

 

b)   Jurusan dan Prodi

3 Penguatan kapasitas dosen dan karyawan a.        Pelatihan learning teaching dosen

b.       Pelatihan bagi dosen pembimbing skripsi

c.        Pelatihan bagi dosen pembimbing akademik

d.       Pelatihan bagi dosen pembimbing KKM

e.        Pelatihan bagi dosen Pembimbing PPL

f.        Pelatihan bagi dosen pembimbing praktek Micro Teaching

g.       Pelatihan bagi dosen pembimbing praktek ibadah

h.       Pelatihan bagi dosen Baru

i.         Pelatihan Penelitian dosen

j.         Pelaksanaan diskusi dosen dua bulanan

k.       Penerbitan Jurnal semesteran dan pembuatan jurnal bagi Prodi baru

l.         Penataran karyawan (Administrasi dan tata boga)

m.     Pengajian bulanan bagi dosen dan karyawan

n.       Penyertaan dosen pada program sertifiksi

 

a)         Jurusan dan Prodi

 

b)        Jurusan dan Prodi

 

c)         Jurusan dan Prodi

 

d)        P3M

 

e)         Jurusan, Prodi dan P3

 

f)         Jurusan, Prodi dan P3

 

g)        Jurusan dan Prodi

 

h)        PK I   dan Jurusan

i)          PK I dan P3M

j)          PK I dan Jurusan

 

k)        P3M dan Prodi

 

 

l)          PK II dan Ka TU

 

m)      PK I, PK II, PK III dan Jurusan

n)        PK I dan Jurusan terkait

4

 

 

 

 

Penyelesaian Gedung Baru I dan Pembangunan Gedung Baru 2

 

 

 

 

a.       Penyiapan dana bagi penyelesaian gedung baru I

b.       Penyiapan dana (pinjaman) bagi pembangunan Gedung Baru II

c.       Pemanfaatan dana bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah dan atau masyarakat

a)         PK II dan Tim Keuangan

b)        PK II dan Tim Keuangan

 

c)         PK II

 

 

5

 

Pendataan Asset dan Kepastian penyimpanan susrat-surat penting Pengarsipan asset dan surat-surat penting secara manual dan secara web

 

PK II, Ka TU, rektorat dan Admin
6

 

Penyediaaan dan Rehabilitasi sarana a.     Pengadaan meja kursi dosen dan sekkretariat Prodi pada th 2015

b.     Pengedaan lemari setiap Prodi

c.     Rehab ruang karyawan, rektorat dan tempat parkir gedung lama

d.    Menyelesaikan gedung baru pada th 2014

b)    Membangun gedung baru II lima tingkat pada th 2016

a)         BAUM

 

b)        BAUM

 

c)         Rektorat

d)        Rektorat

 

e)         Rektorat

 

7 Pemungsian dan pemeliharaan Lab komputer (ICT) dan Micro Teaching a.     Pemberdayaan petugas Laboratorium ICT dan Micro teaching

b)    Perbaikan komputer ICT dan pemanfaatannya bagi kegiatan akademik dll

a)         Ka TU dan Jurusan
8 Kuantiti dan tepat guna buku perpustakaan a)    Pembelian buku perpustakaan tepat guna dari dana sumbangan wajib alumni

b)   Pemberdayaan kapasitas proses akademik mahasiswa berorientasi penyumbangan buku perpustakaan

c)    Pencarian hibah buku dari pemerintah dan atau institusi serta masyarakat

 
9  

Satelit STAIC berbasis Desa

 

a.    Mendata Desa yang beralumni STAIC terbanyak

b)   Membangun komunitas STAIC berbasis alumni di desa

c)    Membangun Desa Binaan

 

 

10 Pemberdayaan alumni a)    Mendirikan dan mengfunsikan organisasi alumni sebagai kekuatan praktis dan program studen bodi

b)   Menyediakann sekretariat alumni

 
11 Pembagunan relasi bersama tokoh keagamaan dan tokoh   masyarakan dan pemerintahan a)    Mengundang sebagai narasumber kepada tokoh keagamaan tertentu yang memungkinkan dapat merepresentasikan dirinya sebagai bagian dari STAIC

b)   Menjadikan Tokoh-tokoh sebagai dosen pembina dan atau dosen tamu STAIC

 
12 Megadakan kegiatan yang mengarah pada indikasi eksistensi sosial keagamaan bagi STAIC a)    Mengadakan seminar /lokakarya nasional dan internasional

b)   Menyediakan tempat dan berperan aktif bagi kegiatsan ormas Islam yang mengadakan misalnya Bahtsul masail, tarjih, Hisbah dll

c)    Mengadakan Bahtsul Kutub dan Falakiyah bagi masyarakat

 
13 Penggiatan penelitian dosen a)    Setiap semester dosen melakukan penelitian ilmiah didanai oleh STAIC

b)   Dosen didorong mengikuti progaram penelitian yang didanai pemerintah maupun swasta sekurang-kurangnya ada satu orang yang terdanai DIPA dalam setiap tahunnya

 

 

C.    TUJUAN
1.    A.  Misi Dasar

–         Tercipta dan terimplementasi secara ideal sistem akademik, sistem keuangan dan sistem SDM (berbasis software). 2)  Terciptanya carakter bulding di sebagian besar SDM STAIC & masyarakat Yayasan Islamic Center sehingga menjadi kekuatan jama’iy Yayasan Islamic Center dalam dakwah yang sekurang-kurangnya tercerahkannya masyarakat sekirar

B.  Misi Proses

–          1. Terwujudnya akuntabilitas proses akademik dan mutu kemapuan akademik peserta didik sehingga relatif dapat dipastikan bahwa alumni dapat diterima masyarakat baik tingkat keilmuan di bidangnya maupun sikap dan amaliahnya yang islami.

–          2. Terwujudnya Desa Binaan berbasis SDM alumni STAIC dan tercerahkannya masyarakat oleh eksistensi sebagian alumni

–          3. Terwujudnya budaya penelitian bagi Civitas Akedemika STAIC yang dapat mendewasakan kurikulum,   mensejahterakan dan proporsionalitasnya orientasi dakwah Yayasan Islamic Center Kabupaten Cirebon.

 

Cirebon, 24 Januari 2016

Ketua,

STAI Cirebon

Drs. Ahmad Dahlan, M.Ag

 

Share this post

Post Comment