Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Second Language

Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Second Language

ةينثا ةغلك ةيبرعلا ةغللا ميلعت

Bahasa arab merupakan bahasa yang mempunyai banyak keistimewaan
diantaranya merupakan bahasa yang suci bagi umat islam karena merupakan
bahasa al-qur’an, disamping itu bahasa arab juga merupakan internasional yang
dipelajari sebagai bahasa kedua diberbagai Negara amerika, eropa, afrika dan asia.
Di madrasah-madrasah aliyah Indonesia, para siswa mengalami kesulitan dalam
menguasai bahasa arab secara komunikatif, hal ini disebabkan antara lain karena
paradigma pembelajaran bahasa arab sebagai bahasa asing bukan sebagai bahasa
kedua. Sehingga para siswa menganggap bahasa arab adalah bahasa yang sulit dan
tidak begitu penting untuk dipelajari karena tidak digunakan seperti halnya bahasa
ibu. Oleh karena penulis mencoba mengarahkan pembelajaran bahasa arab
sebagai bahasa kedua yang berdampak pada perubahan terhadap unsure-unsur
pembelajaran yang meliputi, pendekatan, materi, metode, lingkungan, dan
evaluasi yang keseluruhannya memotivasi siswa untuk belajar bahasa arab
sebagai bahasa arab komunikatif sehingga bisa digunakan sebagai pendamping
bahasa ibu.

Arabic is the language that has many features such as a holy language for
Muslims because it is the language of the Qur’an, and as the international
language is also being studied as a second language in many countries in America,
Europe, Africa and Asia. At madrasah aliyah in Indonesia, the students have
difficulty in mastering the Arabic language as communicative language, its
because the paradigm of learning Arabic as a foreign language rather than as a
second language. So that the students consider the Arabic language is the difficult
language and not so important to learn because it is not used as mother language.
Therefore, the authors tried to show the learning Arabic as a second language. It
has an impact on changes to the elements of learning which includes, approaches,
materials, methods, environment, and an evaluation to motivates students to learn
the Arabic language as a communicative language so that it can be used as a
companion for the mother language.

Download Cover Download isi

Share this post

Post Comment